Cegah Penularan Virus Corona, Perkuat Imunitas Tubuh!

09/03/2020 by Lab Populer0
067202500_1580214534-Cegah_Virus.jpg

Korban yang berjatuhan akibat terjangkitnya virus Corona di Wuhan, China, terus bertambah. Tidak ada vaksin maupun obat untuk mengobati dan mencegah penyakit akibat virus ini. Namun demikian, ibu sebagai kunci utama dalam memberikan perlindungan daya tahan tubuh keluarga, sebaiknya mencegah dengan menjaga dan mengoptimalkan daya tahan tubuh.

Sebanyak 131 orang dilaporkan meninggal dunia dan 4.474 orang terinfeksi virus Corona hingga 28 Januari 2020. Dari jumlah korban yang terinfeksi, sebagian besar didominasi oleh pria dan dilaporkan oleh South China Morning Post, bayi berumur 9 bulan positif terinfeksi virus Corona. Hal ini menandakan bahwa virus Corona dapat menyerang segala usia. Terhadap kondisi ini, pemerintah telah meningkatkan kesiagaan akibat terjangkitnya virus yang dilaporkan telah masuk ke negara tetangga Malaysia, selain 19 negara lainnya.

Menteri Kesehatan Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) memberikan tanggapan terhadap wabah virus Corona yang terjadi. Beliau memberikan beberapa tips untuk menghindari terjangkit dari virus corona. Salah satunya, selalu menjaga daya tahan tubuh.

Menurut Menkes, kuncinya tetap terus berdoa dan jaga imunitas tubuh. Kalau imunitas tubuh baik tidak mungkin tertular virus. “Namanya virus itu cari orang yang imunitas tubuhnya lemah,” ujar Menkes Terawan seperti dikutip dalam Kompas.com, (27/1/2020). Selain itu, kata Menkes Terawan, tetap berpikiran positif juga menjadi kunci untuk menjaga kekebalan tubuh.

Menurut dr. Ratna Kumalasari, Medical & Scientific Information Manager Industri Farmasi menegaskan bahwa semua virus Corona termasuk virus Corona 2019-nCoV belum ada obatnya. Namun demikian, masyarakat dapat melakukan langkah-langkah antisipasi, yaitu melalui 2 lapis perlindungan: pertama, menggunakan masker seperti yang sudah banyak digaungkan. Kedua, yang lebih penting lagi adalah menjaga sistem imun tubuh tetap prima. Saat sistem ketahanan tubuh (immune system) kuat, virus tidak mudah masuk ke tubuh kita, hanya saat kondisi tubuh lemah, kita mudah terinfeksi virus.

Sumber : https://www.liputan6.com/health/read/4166078/cegah-penularan-virus-corona-perkuat-imunitas-tubuh

Lab Populer


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *