Inilah 4 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

12/11/2021 by Lab Populer0
fresh-organic-red-tomatoes-black-plate-white-wooden-table-with-green-red-chili-peppers-green-peppers-black-peppercorns-salt-close-up-healthy-concept-1200x800.jpg
“Kandungan likopen pada jus tomat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan setelah minum jus tomat, yaitu melindungi kesehatan jantung, mencegah kanker, hingga mengelola berat badan. Pastikan jus tomat yang kamu konsumsi mengandung 100 persen tomat utuh dan tanpa pemanis buatan.”
Tahukah kamu bahwa minum jus tomat baik untuk kesehatan? Tomat menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain kandungan nutrisi dasarnya, jus tomat juga membantu sistem kekebalan tubuh mencegah dan melawan sejumlah penyakit. Untuk mendapatkan semua manfaat yang terkandung dalam jus tomat, kamu harus menggunakan tomat asli dan utuh serta memprosesnya sendiri.
Segelas jus tomat memberikan 74 persen nilai harian vitamin C dan 22 persen vitamin A. Kedua vitamin yang berkontribusi untuk membantu penglihatan yang lebih baik. Vitamin lain yang terkandung di dalamnya termasuk folat, vitamin E, K, dan vitamin B termasuk tiamin, niasin, asam pantotenat, riboflavin dan B-6.
Baca juga: 5 Mitos Vaksin Covid-19 Paling Sering Muncul di Masyarakat

Manfaat Jus Tomat Bagi Tubuh

Jus tomat menyediakan 16 persen potasium yang dibutuhkan untuk menjaga jantung berdetak dengan baik. Mineral lain yang terkandung yaitu mangan, fosfor, tembaga, besi, dan magnesium. Berikut ini manfaat yang bisa dirasakan setelah minum jus tomat:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Tomat adalah salah satu sumber likopen, antioksidan yang termasuk dalam keluarga karotenoid, yang meliputi beta-karoten dan lutein. Likopen membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, mencegah katarak, memberikan efek antiinflamasi untuk mengelola berat badan dan melindungi dari berbagai jenis kanker.

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Nutrisi penting dalam jus tomat yang mendukung kesehatan jantung yaitu kalium dan vitamin C dan E. Kalium penting untuk menjaga tekanan darah dengan mengurangi kelebihan natrium dalam tubuh. Likopen membantu memperkuat arteri dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

3. Membantu dalam Pencegahan Kanker

Minum segelas jus tomat setiap hari bisa membantu mencegah berbagai bentuk kanker berkat kandungan likopen di dalamnya. Lagi-lagi likopen memiliki efek antiinflamasi dan anti-kanker yang berkaitan dengan penurunan risiko kanker payudara, prostat, dan paru-paru.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari jus tomat, yaitu membantu mengelola berat badan. Perawatan medis untuk menurunkan berat badan berfokus pada kebutuhan untuk mengurangi peradangan kronis, yang mungkin menjadi faktor dasar dalam mengelola berat badan.
Peradangan mengganggu respon tubuh terhadap hormon leptin, yang memberi sinyal pada otak untuk berhenti makan saat kenyang. Resistensi terhadap leptin dianggap sebagai pendorong utama kenaikan badan pada manusia. Namun dengan mengurangi peradangan, leptin juga membantu mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan.

Perhatikan juga Kelemahan Jus Tomat

Meskipun jus tomat sangat bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan, di sisi lain tomat juga memiliki beberapa kelemahan. Beberapa produk jus tomat mengandung garam tambahan yang meningkatkan kandungan natrium. Kandungan tinggi natrium mungkin bermasalah bagi orang yang sensitif terhadap garam. Terlalu banyak natrium bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.
Kelemahan lain dari jus tomat adalah seratnya sedikit lebih rendah dibandingkan tomat utuh. Jus tomat utuh masih mengandung lebih tinggi serat dibandingkan minuman buah lainnya seperti jus apel dan jus jeruk tanpa ampas.
Perlu diketahui juga, banyak produk minuman jus tomat yang ditambahkan buah lain ke dalamnya. Hal ini bisa meningkatkan kandungan kalori dan gula. Bahkan beberapa produk mungkin mengandung gula tambahan.
Sebaiknya buatlah jus tomat sendiri dengan menggunakan tomat utuh dan sedikit tambahan gula atau tanpa pemanis sama sekali. Atau pilihlah produk minuman jus tomat yang benar-benar 100 persen dari tomat utut tanpa tambahan garam atau gula.
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Is Tomato Juice Good for You? Benefits and DownsidesLive Strong. Diakses pada 2021. 5 Healthy Reasons Tomato Juice Should Be Your Drink of the Summer. Dan telah di terbitkan oleh halodoc.com.

Lab Populer


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *