Terbongkar! Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat

12/11/2021 by Lab Populer0
asian-yoga-trainer-woman-using-laptop-live-teaching-how-yoga-living-room-home_7861-1607.jpg
Dalam hal olahraga, latihan perut memang bisa membantu mengencangkan perut, namun kita tetap perlu menurunkan berat badan secara keseluruhan untuk mengecilkan lemak perut secara signifikan. Jadi, penting untuk menerapkan pola hidup aktif, pola makan sehat dan seimbang, dan mengelola stres. Namun, jika Anda mencari jenis olahraga mengecilkan perut buncit, beberapa jenis latihan berikut dapat dipraktikkan:
1. Olahraga kardio
Salah satu olahraga mengecilkan perut buncit dan membakar lemak tubuh secara keseluruhan adalah latihan kardio selama minimal 30 menit. Lakukan olahraga ini secara teratur. Melansir WebMD, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa latihan kardio dapat membantu menghilangkan lemak perut dan lemak hati. Beberapa latihan kardio yang dapat dijadikan olahraga mengecilkan perut buncit meliputi jalan cepat, lari, bersepeda, mendayung, berenang, mengikuti kelas kebugaran, dan lainnya. Pilihlah aktivitas kardio yang paling disukai agar kita bisa termotivasi menjalaninya secara rutin.
2. Latihan interval intensitas tinggi (HIIT)
HIIT adalah latihan dengan durasi singkat dan menyediakan waktu istirahat, namun melibatkan gerakan-gerakan yang intens. Penelitian menunjukkan bahwa HIIT menjadi salah satu olahraga mengecilkan perut buncit karena dapat membantu mengontrol berat badan dan meningkatkan kondisi fisik seseorang secara keseluruhan. HIIT tidak terlalu memakan waktu tetapi membuat jantung terpompa dan melibatkan otot di seluruh tubuh. Rutinitas HIIT umumnya meliputi gerakan-gerakan seperti mendorong, menarik, squat, deadlift, dan membawa beban. Biasanya, rutinitas HIIT memadukan aktivitas intens selama 30 detik dengan 30 detik istirahat tepat setelah dan sebelum melanjutkan ke aktivitas berikutnya. Gerakan HIIT bisa diulang beberapa kali untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Beberapa latihan HIIT yang dapat dicoba oleh semua tingkat kebugaran dan usia seperti jumping jack, burpee, jump squat, dan high knee. Lakukan satu aktivitas selama 30 detik, lalu istirahat selama 30 detik. Kemudian, lanjutkan dengan aktivitas selanjutnya dan istirahat lagi. Setelah menyelesaikan seluruh gerakan, kita bisa mengulangi lagi dari gerakan paling awal.
3. Latihan Perut
Karena lemak perut menempel pada lingkar pinggang dan perut, melakukan beberapa latihan perut dapat membantu melenyapkannya. Olahraga mengecilkan perut buncit biasanya membantu mengencangkan dan meratakan perut, sambil membantu membakar lemak secara keseluruhan. Beberapa olahraga mengecilkan perut buncit yang baik untuk pria maupun wanita dari segala usia antara lain plank 60 detik, bicycle crunch, abdominal crunch, dan leg lift.
4. Latihan Kekuatan
Jika mencari olahraga mengecilkan perut buncit, jangan lupa menyertakan latihan beban. Latihan beban juga merupakan komponen penting untuk membakar lemak perut. Karena otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak saat tubuh beristirahat, memiliki lebih banyak otot dapat membantu kita membakar lebih banyak lemak. Para peneliti juga menemukan bahwa latihan ketahanan, termasuk latihan beban, dapat membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak, serta pada saat yang sama meningkatkan metabolisme tubuh. Beberapa latihan beban untuk lemak perut yang dapat dimasukkan ke dalam rutinitas kita meliputi bicep curl, lunge, squat, dan tricep kick-back. Kita bisa melakukan empat jenis latihan beban tersebut dengan 12 repetisi dan beban ringan, antara 2,5-3,5 kg. Opsi lainnya adalah menggunakan beban berat, namun lebih sedikit repetisi dan waktu istirahat antar set.

 

Panduan olahraga mengecilkan perut buncit yang aman

Jika memiliki target olahraga mengecilkan perut buncit, kita pasti ingin mengerahkan upaya semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil yang lebih cepat. Namun, demi keamanan, penting untuk tidak memaksa diri terlalu banyak berolahraga (overtrain). Ketika kita terlalu banyak olahraga, tubuh dapat memproduksi terlalu banyak kortisol, hormon stres yang berkaitan dengan lemak lemak perut. Jadi, terlalu banyak olahraga malah membuat kita lebih sulit menghilangkan perut buncit. Jadi, berolahragalah dalam durasi dan intensitas moderat, misalnya 30 menit per hari. Jangan lupa pula menjalani pola hidup sehat secara keseluruhan agar hasilnya lebih optimal. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, berkonsultasilah dengan dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “4 Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat”, Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/28/175751820/4-jenis-olahraga-mengecilkan-perut-buncit-dengan-cepat?page=all.

Lab Populer


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *