Tips Olahraga Yang Dapat Turunkan Berat Badan

images.jpg

Olahraga merupakan salah satu kunci utama untuk seseorang dalam menurunkan berat badan. Cara ini terbukti dapat menurunkan dan membakar kalori dari dalam tubuh, sehingga mendapatkan hasil berat badan yang sangat ideal.

Selain membantu menurunkan berat badan, olahraga juga bermanfaat untuk meningkat suasana hati, menguatkan tulang, hingga mengurangi risiko terkena penyakit kronis.

Nah, apa saja sih kira-kira olahraga yang terbukti efektif menurunkan berat badan? Dikutip dari Healthline, Minggu (30/01/2022), berikut 4 jenis olahraga yang bisa dicoba guys!

1. Berjalan

Berjalan adalah salah satu olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan. Selain mudah dilakukan oleh banyak orang, berjalan juga termasuk olahraga yang nyaman tanpa memberikan rasa kewalahan.

Harvard Health memperkirakan bahwa berjalan selama 30 menit dengan kecepatan sedang 4 mph atau 6,4 km/jam dapat membakar 167 kalori pada seseorang yang memiliki berat badan 70 kg.

Bahkan menurut studi, berjalan selama 50-70 menit sebanyak 3 kali per minggu dapat mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang sebesar 1,5% atau 1,1 inci (2,8 cm) pada wanita obesitas.

Apabila kalian ingin mencoba olahraga ini, usahakan rutin berjalan selama 30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Bisa juga meningkatkan durasi atau frekuensi jalan kaki jika sudah terbiasa.

2. Jogging atau lari

Selain berjalan, jogging dan lari bisa menjadi pilihan olahraga berikutnya untuk menurunkan berat badan. Harvard Health memperkirakan orang yang melakukan jogging per 30 menit dengan kecepatan 8 km/jam atau lari dengan kecepatan 9,7 km/jam dapat menurunkan sekitar 298 kalori pada seseorang yang memiliki berat badan 70 kg.

Penelitian pun juga mengklaim bahwa olahraga jogging dan lari dapat membantu membakar lemak visceral yang berbahaya alias lemak perut.

3. Bersepeda

Nah, bisa juga nih mencoba olahraga bersepeda untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran.

Apabila merasa malas untuk bersepeda di luar ruangan, bisa mengunjungi gym atau pusat kebugaran yang menyediakan sepeda stasioner dan memungkinkan seseorang bersepeda di dalam ruangan.

Menurut Harvard Health, bersepeda menggunakan sepeda biasa atau sepeda stasioner dengan kecepatan sedang (19-22,4 km/jam) per 30 menit dapat membakar sekitar 260-298 kalori pada orang yang memiliki berat 70 kg.

4. Berenang

Berenang adalah salah satu cara olahraga yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan. Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat badan 155 pon (70 kg) melakukan olahraga renang selama 30 menit dapat membakar sekitar 233 kalori.

Bahkan, berbagai cara berenang pun dapat memengaruhi jumlah kalori yang dibakar loh. Selama 30 menit, seseorang dengan berat 70 kg bisa membakar 298 kalori untuk gaya punggung, 372 kalori untuk gaya dada, 409 kalori untuk gaya kupu-kupu, dan 372 kalori untuk menyelam

Davit Wirawan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *